Custom Search

Kamis, 11 September 2014

BUDAYA DAERAH

Pengenalan budaya daerah untuk setiap warga negara penting untuk di lakukan untuk menumbuhkan rasa kecintaannya terhadap budaya daerahnya sendiri.

Dalam implementasinya perlu di lakukan beberapa langkah di antaranya:

- Pengenalan budaya daerah seyogyanya di lakukan sejak dini secara berkesinambungan mulai dari mereka duduk di bangku sekolah taman kanak kanak hingga perguruan tinggi.

- Pengenalan budaya daerah seperti halnya pertunjukan seni tari dan juga jenis kesenian lainnya tidak hanya terbatas pada bagaimana mereka mampu menarikannya akan tetapi harus di barengi dengan pembekalan sejarah yang memadai baik yang berkaitan dengan sejarah pendiriannya, siapa penciptanya dan bagaimana peruntukannya.

- Pengenalan budaya daerah harus di mulai dari lingkungan setempat dan harus segera di lakukan untuk mencegah semakin merosotnya kecintaan setiap warga masyarakat terhadap budaya daerahnya sendiri, kalau bukan dari kita dari siapa lagi dan kalau bukan mulai dari sekarang lalu mulai kapan lagi bisa di jadikan sebuah momentum untuk membangkitkan semangat dan juga keinginan anak bangsa untuk mengenal budaya daerahnya sendiri secara lebih mendalam.

- Pengenalan budaya daerah yang di sesuaikan dengan peruntukannya harus selalu di jaga keberadaannya agar dalam prakteknya tidak bertentangan dengan norma dan juga kaedah kaedah berlaku.

Budaya daerah merupakan aset yang tidak ternilai harganya oleh sebab itu sudah menjadi tanggung jawab kita semua untuk senantiasa berupaya melestarikannya.

Pemberian hak paten terhadap kesenian daerah yang sekaligus merupakan ciri khas bangsa Indonesia perlu di lakukan agar tidak terjadi upaya saling klaim dengan negara lain seperti yang pernah terjadi baru baru ini.

Berdasarkan fungsinya keberadaan budaya daerah memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tidak hanya sebagai alat pemersatu bangsa tetapi juga sebagai cirikhas sebuah bangsa yang berbudaya.

Dalam kaitannya dengan dunia pariwisata kebudayaan daerah bisa di fungsikan sebagai alat untuk mempromosikan keunggulan dan keistimewaan daerahnya masing masing sehingga dapat di harapkan jumlah kunjungan wisatawan Domestik maupun Internasional akan mengalami peningkatan.

Seiring dengan perkembangan jaman kearifan budaya lokal tampak semakin memudar, hal tersebut mencerminkan kalau kecintaan sebagian besar warga masyarakat terhadap budaya daerahnya sendiri semakin hari kian semakin menurun.

Kenapa bisa demikian...? Perubahan gaya hidup warga masyarakat dari religius menjadi moderen cendrung melahirkan masyarakat yang konsumtif dan individualistik, oleh karena itu tidaklah mengherankan kalau sebagian besar warga masyarakat saat ini lebih fokus dengan menjadikan harta sebagai alat untuk meraih tujuan hidupnya.

Merekapun meyakini dengan memiliki harta berlimpah keberadaannya akan semakin di segani dan juga lebih di hormati oleh orang lain yang ada di sekitarnya.

Kalau demikian halnya tantangan kedepannya adalah mampukah mereka mengembalikan jati dirinya sebagai warga masyarakat yang berbudaya dan religius?

Melihat pola pikir, sifat dan prilaku yang di tunjukan oleh sebagian besar warga masyarakat saat ini sulit rasanya untuk bisa mengembalikan jati diri mereka dari kehidupan masyarakat moderen kembali ke religius.

Sekalipun demikian berbagai upaya pembenahan yang telah di lakukan oleh seseroang, organisasi kemasyarakatan dan juga pemerintah sudah sepatutnya kita hargai, lalu bagaimana dengan anda sendiri...?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar